KBRN, Ngawi : Meski di beberapa daerah terjadi polemic terkait sistem zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), di Kabupaten Ngawi berjalan aman.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi Abimanyu memastikan tidak ada kendala yang krusial pada sistem zonasi PPDB tingkat SD dan SMP yang diterapkan di Kabupaten Ngawi. Hal itu, karena jauh-jauh hari pasca ujian, Dinas Pendidikan telah melakukan sosialisasi melalui pihak sekolah untuk diteruskan kepada orangtua/wali murid. Bahkan, dalam pertemuan unsur dinas pendidikan, juga dibahas kemungkinan permasalahan, sehingga saat PPDB berlangsung lancar.

“Untuk Ngawi khususnya jenjang SD dan SMP tidak masalah, karena kami sudah membicarakan jauh-jauh hari tentang sistem zonasi PPDB dengan kepala sekolah dan MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah)“kata Abimanyu(27/6/2019)

Abimanyu mengakui ada beberapa sekolah yang kelebihan siswa baru, sedangkan sekolah lain kurang. Namun hal itu, telah dilakukan pemerataan, sehingga calon siswa yang mendaftar pada  sekolah yang telah terpenuhi pagunya, diarahkan ke sekolah di wilayah zonasi lain.

Abimanyu mengklaim sistem zonasi PPDB sangat baik, sebab anak dapat sekolah di lokasi yang dekat dengan rumah atau tempat tinggal.